(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Kreatifitas Yayasan Abdurrab di Masa Pandemi dalam Usaha Kemandirian Pangan Buat Masyarakat

Selasa, 25 Agustus 2020 | Dilihat 245 Kali

Humas Univrab-Pekanbaru, 25/08/2020) Pada masa Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia banyak mengganggu sektor-sektor yang menyokong kehidupan masyarakat, termasuk diantaranya sektor pertanian. Sektor pertanian menjadi sorotan karena memiliki kaitan erat dengan ketahanan pangan. Tentunya pada masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan untuk menghindar dari krisis pangan. Untuk itu yayasan Abdurrab mencoba untuk membuka lahan pada bidang pertanian. Universitas Abdurrab dan seluruh lembaga di bawah yayasan Abdurrab sudah memiliki ladang padi dan sayur serta kolam ikan dan ternak. Lokasi ladang Abdurrab ini terletak di jalan bakti, Riau, Pekanbaru, tepatnya di Susiana Convensional Hall di belakang masjid At Tabrani Islamic Center.

 “Alhamdulillah, pada hari Selasa 25 Agustus 2020, yayasan Abdurrab melakukan panen perdana hasil dari ladang padi dan sayurnya. Setelah mengikuti kajian dua mingguan di Raja Ali Haji Susiana Convensional Hall. Saya  bersama-sama dengan pimpinan Universitas Abdurrab memanen hasil penen perdana dari ladang kita. Hasil dari panen ini ada kacang panjang, sayur sawi, sayur bayam dan sayur kangkung. Semua hasil panen yang perdana kita berikan kepada guru-guru Islamic school, staff yayasan dan kepada pimpinan Universitas Abdurrab. Semoga panen berikutnya bisa kita bagikan kepda dosen-dosen”. kata Ibu Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd penuh rasa syukur.

Kegiatan panen bersama ini  bertujuan untuk menjalin silaturrahim dan merayakan bagaimana indahnya dan bahagianya kami semua karena ini merupakan panen perdana. Semua karena izin Allah panen kami semua berhasil dengan baik, ungkap Ibu Susiana Tabrani.

Upaya dari yayasan ini sangat bermanfaat untuk semua pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan Univ Abdurrab. Apalagi di tengah pandemi yang melanda dunia. Insya Allah sivitas akademika Univrab akan mampu mencukupi kebutuhan pangan sendiri dan upaya kreatif ini sangat membantu kemandirian masyarakat”, jelas Prof. Susi Endiri, S.Si. M.Sc,Ph.D yang merupakan rektor Universitas Abdurrab.

Ibu Susiana mengatakan awal mulanya projek dari ladang padi dan sayur ini merupakan percobaan kita mempunyai ladang padi dan sayur di lahan 1,8 hektar di belakang masjid At Tabrani Islamic Center. Lahan ini dibuka pada bulan Ramadhan dan setelah dua bulan Ramadhan kita baru mulai menanam. Alhamdulilah sekarang kita sudah mulai memanen hasilnya.

Harapan saya mudah-mudahan kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat Pekanbaru, ternyata kita semuanya insyaallah bisa mandiri secara suasembada pangan. Apalagi dimasa pandemi ini kita harus bisa mengantisipasi dan mandiri  untuk bisa mengadakan makanan kita. Insyaallah kedepannya insan abdurrab bisa memperoleh sayuran dari kebun kita sendiri, ujar Ibu Susiana Tabrani.

Diharapkan juga untuk ke depannya Univrab dapat hadir selalu sebagai suatu Universitas yang kreatif dalam mengeluarkan produk-produk inovatif yang berguna baik untuk insan Abdurrab maupun seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia, tambah Prof. Susi Endiri (FC)


KOMENTAR