(+62) 761 387 62    humas@univrab.ac.id

Lembaga Cintai RAB Univrab Menggelar Diskusi Implementasi Mou dengan Pondok Pesantren Attaqwa, Depok Jawa Barat

Kamis, 09 Septemeber 2021 | Dilihat 79 Kali

(Humas Univrab, 09/09/2021) Universitas Abdurrab mengadakan kegiatan diskusi Implementasi MoU dengan Pondok Pesantren Attaqwa, Depok Jawa Barat bersama Ustadz Dr. Adian Husaini (Pimpinan Pondok Pesantren Attaqwa, Ketua Pengurus Pusat Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia, Kaprodi Doktoral (S3) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Ibn Kholdun dan Peneliti INSIST).  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (8/9) pukul 09.00 melalui Via Zoom Meeting.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina Yayasan Abdurrab, Rektor Universitas Abdurrab, Direktur dan pengurus Cintai RAB Universitas Abdurrab, dekan dan Prodi di lingkungan Universitas Abdurrab. Acara dibuka dengan pembacaan ayat Suci Alquran oleh Ustad Riski Alwi.

Dalam sambutannya Ustad Dr. Adian Husaini menyampaikan bahwa pada masa pandemi ini, pendidikan dilakukan secara online, banyak orang tua yang mengeluh tidak bisa mengajari anaknya, mereka tidak siap menghadapi hal seperti ini. Sehingga menunjukan bahwa peran sentral keluarga itu semakin kuat. Nah, inilah tantangan besar bagi kita,yaitu bagaimana perguruan tinggi kita tidak hanya mencetak pekerja yang baik tetapi juga orang tua yang baik. Jadi itu merupakan tantangan bagi kita untuk menemukan peran kita dalam pendidikan ini, bagaimana menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tujuan sejati pendidikan. Beliau juga menjelaskan “Dalam islam, ada 3 instansi penting yang berperan dalam pendidikan, yaitu yang pertama keluarga, yang kedua pesantren, yang ketiga masjid”.

Selanjutnya Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd menyampaikan bahwa sejak tahun 2018 Universitas Abdurrab sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Pondok Pesantren Attaqwa dan sudah beberapa kali melakukan kegiatan bersama. Pada kegiatan kali ini membahas tentang diskusi dan implementasi MoU ini terhadap nilai-nilai value Rabbani, Amanah dan Beradab di Universitas Abdurrab.

Alhamdulillah saat ini kampus kita sudah mendapatkan akreditasi baik sekali. Untuk itu kami semuanya berharap dan memiliki komitmen untuk meluluskan mahasiswa kami menjadi orang-orang yang berilmu dan orang yang memiliki akhlak baik. Untuk itu, banyak sekali program yang ingin kita wujudkan bersama dengan pesantren Attaqwa untuk merealisasikan nilai-nalai Rabbani, Amnah dan Beradab. Alhamdulillah saat ini dr. Feri sudah fokus dengan tim cintai RAB sehingga kami akan bisa lebih memahami teknis dalam pelaksanaannya, jelas Bu Pembina Yayasan Abdurrab.

Rektor Universitas Abdurrab dalam sambutannya menyampaikan bahwa alhamdulillah selama ini kami di Universitas Abdurrab mendapatkan beasiswa dari kementrian pendidikan. Pada tahun ini, kami mendapatkan beasiswa dari kementrian pendidikan untuk 35 orang. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, untuk kedepannya kami bisa mendapatkan anak-anak yang baik, beradab dan sholeh dari pondok pesantren Attaqwa. Sehingga nanti kita mendapatkan lulusan-lulusan yang sesuai dengan kita harapkan.

Selanjutnya, dalam 2 tahun ini kami sedang merangkum kurikulum. Jadi, ada dua fakutas pada saat ini yang sedang kami uji coba untuk menerapkan nilai-nilai rabbani amanah beradab yang kita formulasikan, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Informatika. Seperti yang disampaikan oleh pembina yayasan, kita perlu mengimplementasikan MoU ini dalam rangka membina para dosennya dalam uji coba implementasi nilai-nilai rabbani amanah dan beradab. Alhamdulillah di Abdurrab sendiri kita sudah mulai membiasakan nilai-nilai RAB, dengan pengajian setiap selasa kepada pimpinan dan jumat kepada dosen dan tenaga kependidikan, ungkap Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D

Setelah pemberian sambutan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab (FNY)


KOMENTAR